Kamis, 22 Maret 2012

Syaikh Ihsan Jampes (1901-1952)

Kelahiran dan Nasabnya
Syaikh Ihsan Jampes lahir pada 1901 M, dengan nama asli Bakri dari pasangan KH.Dahlan dan Ny.Artimah. KH.Dahlan (ayah Syaikh Ihsan), adalah seorang Kyai yang tersohor pada masanya. Dia pula yang merintis pendirian Pondok Pesantren Jampes pada tahun 1886 M.
Tidak banyak yang dapat diuraikan tentang nasab Syaikh Ihsan dari jalur ibu. Yang dapat diketahui hanyalah bahwa ibu Syaikh Ihsan adalah Ny.Artimah (putrid dari KH.Sholeh Banjarmelati-Kediri). Sementara itu, dari jalur ayah bahwasannya Syaikh Ihsan adalah putra dari KH.Dahlan putra KH.Saleh Bogor-JaBar (dimana leluhurnya masih mempunyai keterkaitan nasab dengan Sunan Gunungjati (Syarif Hidayatullah) Cirebon.
Terkait dengan nasab yang tidak dapat diabaikan adalah nenek Syaikh Ihsan (ibu KH.Dahlan) yang bernama Ny.Isti’anah. diamana sang nenek ini mempunyai andil besar dalam pembentukan karakter Syaikh Ihsan, pada diri sang nenek ini pula mengalir darah para Kyai besar. Ny.Isti’anah adalah puteri dari KH.Mesir putera K.Yahuda, seorang ulama sakti mandraguna dari Lorog Pacitan yang jika urutan nasabnya diteruskan akan sampai pada Panembahan Senopati (pendiri kerajaan Mataram) pada abad ke-16. Itu jalur dari ayah, adapun jalur dari ibu, Ny.Isti’anah adalah cicit dari Syaikh Hasan Besari, seorang tokoh masyhur dari Tegalsari Ponorogo yang masih keturunan Sunan Ampel Surabaya.
Berikut bagan nasab Syaikh Ihsan Jampes:











Tidak ada komentar:

Posting Komentar