Kamis, 22 Maret 2012

Manakib Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi


Surabaya
                Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi lahir dikota Khola’ Rosyid, Hadramaut pada tahun 1265 H. Ayah beliau, Al Imam Al-‘Arifbillah Al-Habib Idrus bin Muhammad Al-Habsyi telah lebih dulu datang ke Indonesia untuk berdakwah. Beliau wafat dan dimakamkan di kota Cirebon. Sedangkan ibu beliau Syeikhah Sulumah binti Salim bin Sa’ad bin Sumeir. Sejak kecil beliau diasuh oleh pamannya, Al-Habib Sholeh bin Muhammad Al-Habsyi. Sejak itu beliau besar dalam didikan pamannya. Sang paman inilah yang membentuk jiwa dan kepribadian Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi.
                Pada masa mudanya Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi giat dengan menuntut ilmu. Walaupum usianya masih muda beliau mampu dengan mudah menguasai dan memahaminya. Berbagai ilmu yang beliau dapatkan dari para ulama dan auliya’, diantaranya ilmu tafsir, hadits dan fiqih. Para gurunya telah menyaksikan ketakwaan dan kedudukan beliau sebagai seorang yang tak kenal lelah dalam mengamalkan ilmunya.
                Salah seorang auliya’ Al-Imam Al-Qutub Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi (shahib mauled simtuddurar) telah mengutarakan dalam surat menyurat beliau: “sesungguhnya orang-orang bepergian ke Indonesia untuk bekerja dan mencari harta dunia, akan tetapi putra kami Muhammad bin Idrus Al-Habsyi bekerja untuk Allah, dia berdakwah untuk mencapai Ash-Shidiqiyyah Al-Kubra”.
                Ketika beranjak remaja beliau pergi ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji dan berziarah kemakam datuknya Rasulullah SAW di Madinah. Disana beliau menetap beberapa waktu, hal itu dipergunakan oleh beliau untuk menimba ilmu dari para ulama yang berada di Haramain, diantaranya kepada Al-Imam Al-Habib Husein din Muhammad Al-Habsyi.
                Sebagai mana pra pendahulunya, beliau berdakwah dari satu daerah ke daerah lain. Dalam setiap kali perjalanannya itu beliau beliau tidak bermalam di sebuah tempat yang disinggahi kecuali di tempat tersebut terdapat ahlul bait Rasulullah SAW. Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi dikenal memiliki akhlak serta budi pekerti yang luhur, beliau murah tangan dan kasih saying terhadap sesame. Harta miliknya tidak segan-segan diberikan kepada siapapun yang membutuhkan. Beliau adalah seorang yang dermawan. Wajahnya sungguh sedap dipandang, tutur katanya lemah lembut serta penuh dengan hikmah dan selalu tersenyum bila bertemu siapapun. Akhlak dan perangainya meneladani datuknya Rasulullah SAW.
                Semasa hidupnya beliau selalu taat dan takwa kepada Allah dan Rasul serta senantiasa meneladani para salaf bani alawi yang merupakan leluhurnya. Beliau selalu memberikan manfaat kepada hamba Allah, dengan memanfaatkan waktu, umur, serta membelanjakan harta beliau hanya dijalan Allah hingga akhir hayatnya. Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi wafat pada pertengahan malam, hari Rabu 12 Rabiul Tsani 1337 H di Kota Surabaya. Jasad beliau dimakamkan dalam qubbah di permakaman Al-Habib Hasan Al-Habsyi, dikawasan Masjid Ampel Surabaya, pada hari rabu waktu Asar. Bertindak sebagi imam waktu shalat jenazah beliau adalah Al-Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdhor yang merupakan menantu, murid, sekaligus sahabat beliau.
17HabaibBerpengaruhDiIndonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar